Adjuster Djoko Tjandra Tersangka, Dijerat Pencetus Bantu Pelarian Buronan

Adjuster Djoko Tjandra Tersangka, Dijerat Pencetus Bantu Pelarian Buronan

July 30, 2020 By Jeffrey Powell

Jakarta

Pengacara buron kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, dijadikan tersangka karena dinilai berperan melicinkan pelarian kliennya. Anita serupa dinilai telah menggunakan surat buatan atau memalsukan surat perjalanan bersama-sama Djoko Tjandra.

“Pasal yang diterapkan Pasal 263 bagian 2 KUHP ya, yaitu siapapun dengan sengaja memakai surat tiruan atau dipalsukan seolah-olah sejati kalau di pemakaian surat itu sanggup menimbulkan kerugian. Kemudian juga kita kenakan Pasal 223 KUHP, yaitu barangsiapa dengan melepas atau memberi pertolongan ketika meloloskan diri karakter yang ditahan atas perintah penguasa umum, atas keputusan atau kesimpulan hakim, pasal ini yang dipersangkakan, ” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (30/7/2020).

Penetapan Anita sebagai tersangka berdasarkan beberapa jalan bukti yakni alat bukti sertifikat serta keterangan dari 23 bukti. Argo menjelaskan penyidik Bareskrim sudah memeriksa 20 saksi di Jakarta dan 3 saksi di Pontianak, Kalimantan Barat, terkait kasus tersebut.

“Penyidik sudah memeriksa sekitar 23 saksi. (Sebanyak) 20 bukti itu ada di Jakarta dan kemudian 3 saksi ada pada Pontianak, Kalimantan Barat. Kemudian kita juga ada barang bukti dengan sudah kita amankan, yaitu tulisan jalan, surat bebas COVID, surat rekomendasi kesehatan yang semuanya merupakan atas nama JST (Joko Soegiarto Tjandra) dan atas nama Anita, ” jelas Argo.

Sebelumnya Argo menuturkan Anita Kolopaking telah ditetapkan sebagai tersangka. Argo menuturkan penyidik belum menahan Anita.

“Malam ini kami ingin meng- update kasus berkaitan dengan Djoko Tjandra. Saya meng -update berkaitan dengan penetapan tersangka Saudari Anita Kolopaking, ” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (30/7).

“Belum (menahan Anita Kolopaking), ” imbuh Argo era dihubungi terpisah.

Tonton video ‘Pengacara Bingung Soal Klausul Keberatan Jaksa di PK Djoko Tjandra’:

[Gambas:Video 20detik]

(aud/dhn)