China Taklukkan Bulan, Planet Mars dan Bangun Stasiun Antariksa

May 16, 2021 By Jeffrey Powell

Jakarta

Dengan keberhasilan mendaratkan rover robotika di permukaan Satelit Mars, China semakin membuktikan ambisinya menaklukkan luar udara. Sebelumnya, lembaga antariksa China juga sudah mendaratkan rover di Bulan sampai bakal membangun stasiun antariksa.

Robot penjelajah atau rover Zhurong milik China berhasil mendarat di Mars. Wahana antariksa yang memiliki bobot 240 kg ini mendarat di Utopia Planitia, salah satu kawah yang berada di bagian melahirkan Mars.

Menurut China National Space Administration (CNSA), wahana pengorbit Tianwen-1 pertama kali menurunkan ketinggiannya dari orbit Mars di hari Sabtu (15/5) pukul 01. 00 waktu setempat. ilmuwan akan memanfaatkan rover ini untuk mempelajari bidang Mars selama tiga bulan di Mars atau 92 hari di Bumi.

Rover itu membawa enam instrumen sains yaitu sepasang kamera perjalanan kamera multispektral, alat deteksi komposisi permukaan Mars, radar penetrasi, magnetometer, dan tumpuan iklim Mars. Gunanya buat mempelajari cuaca, topografi, geologi dan mencari deposit es air di bawah bidang Mars.

Di Bulan, misi terbaru China adalah keberhasilan membawa contoh permukaan bulan oleh manusia mesin Chang’e 5 di simpulan tahun 2020 silam. Kapsul Chang’e 5 membawa satu, 731 kilogram sampel sundal Bulan yang diambil sejak area Oceanus Procellarum dalam 16 Desember 2020 kelam.

Misi Chang’e 5 ke Bulan. Foto: China National Space Administration/Xinhua via AP

Contoh ini adalah yang menyesatkan muda usianya dibandingkan kotor yang pernah dibawa di misi NASA dan Uni Soviet sebelumnya. Tujuan pengumpulan material permukaan Bulan ialah untuk mempelajari area Bulan di Oceanus Procellarum itu, yang diyakini jauh lebih halus daripada permukaan Kamar lainnya.

China sudah berpengalaman menjalankan urusan ke Bulan, pertama kali mereka mendaratkan wahana di sana pada tahun 2013. Di tahun 2019, urusan Chang’e 4 berhasil datang di sisi jauh Bulan, merupakan pertama kalinya ada negara yang melakukannya.