Geger Foto Selfie KTP Dijual!

June 25, 2021 By Jeffrey Powell

Jakarta

Isu kebocoran data penduduk seolah tidak ada habisnya. Belum juga reda kewaswasan masyarakat terkait kebocoran masukan BPJS beberapa waktu morat-marit, kini beredar laporan memotret selfie KTP yang diperjualbelikan.

Di Twitter, ramai netizen menanggapi cuitan akun @recehvasi yang tahu foto selfie sambil memegang KTP bisa bocor serta disalahgunakan.

“Data dan fotomu bisa dijual oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. WASPADALAH!, ” tulisnya seraya menyertakan screenshot foto KTP selfie sejumlah korban yang periode wajahnya disensor.

[Gambas:Twitter]

Postingan ini pun ramai ditanggapi netizen. Saat artikel ini terbang, ada lebih dari satu. 700 retweet. Komentar pun bersahut-sahutan pada reply postingan tersebut.

“Paling bener sih ga usah ngasih foto ktp drpd ribet nanti kena tagih pinjol, ” komentar salah kepala netizen.

“Sekarang apa-apa pake menjepret KTP loh. Mau testimoni misal kayak Gojek/ Ovo/Dana/Shopeepay aja supaya akunnya premi harus pake foto KTP. Bisa aja kapanpun tersedia kebobolan data. Gimana berlarut-larut?, ” balas yang lain.

“Ketika pembuatan rekening digital modelnya begini foto selfie sama KTP, rawan sekali, ” introduksi lainnya.

Foto selfie dengan KTP untuk verifikasi memang bukan situasi baru lagi bagi umum orang. Verifikasi data pribadi dengan selfie KTP tujuannya sebenarnya baik, yakni buat verifikasi data. Namun, benar tak menutup kemungkinan jalan demikian disalahgunakan oleh perseorangan atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

Simak Gambar ” Heboh Foto Selfie KTP Dijual, Diduga Ulah Pinjol Ilegal
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)