Ini Link Live Streaming Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Jangan Lupa!

May 26, 2021 By Jeffrey Powell

Jakarta

Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 26 Mei 2021 menjadi momen yang menyesatkan ditunggu orang Indonesia keadaan ini. Jangan ketinggalan, karena Anda bisa memantaunya menggunakan live streaming.

Gerhana bulan kali itu dua kali istimewanya. Dengan pertama, Gerhana Bulan mutlak kali berbarengan dengan terjadinya perige, yaitu ketika Bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi. Adapun ujung perige terjadi pada jam 08. 57. 46 WIB/09. 57. 46 Wita/10. 57. 46 WIT dengan senggang 357. 316 kilometer sebab Bumi.

Ketika dalam kondisi gerhana Bulan total, Bulan tidak menyelam dari pandangan, melainkan Bulan diselimuti cahaya jingga tenggat merah darah. Sebabnya, cahaya Matahari menuju Bulan terhalangi oleh Bumi. Hanya pendar cahaya seperti lingkaran sinar mengelilingi Bumi. Pendar terang merah dan jingga tersebut yang sampai ke Bulan dan menyebabkan warna Bulan jadi merah darah maka disebut super blood moon.

Keistimewaan yang kedua adalah, kecelakaan bulan kali ini juga bertepatan dengan detik-detik Waisak yakni pada 15 suklapaksa (paroretang) Waisaka 2565 Era Buddha yang jatuh dalam 26 Mei pukul 18. 13. 30 WIB / 19. 13. 30 WITA / 20. 13. 30 WIT dengan jarak 357. 461 kilometer dari Dunia.

Di Indonesia, dari arah timur-tenggara (hingga tenggara untuk Indonesia bagian timur), bisa menyaksikannya sekalipun tanpa bantuan alat optik. Ingat-ingat ya, durasi total fase gerhana kali itu cukup singkat, yakni 14 menit 30 detik. Mengenai puncak gerhana Bulan mutlak ini terjadi pukul 18. 18. 43 WIB/19. 18. 43 Wita/20. 18. 43 WIT.

Tetapi, karena satu dan asing hal, belum tentu kita bisa melihatnya. Tantangannya merupakan awan, cuaca mendung, pencemaran udara dan hambatan visual seperti bangunan atau pokok kayu di lokasi tempat kita berada.

Zona, kalau itu terjadi di Anda, padahal mau banget lihat gerhana bulan total, jangan khawatir. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan mengadakan live streaming dari sembilan lokasi di seluruh Indonesia.

Balai dan stasiun LAPAN yang tersebar di Nusantara dikerahkan semua untuk memantau Gerhana Bulan Total Istimewa Blood Moon. Silakan pilih link-link berikut ini untuk menonton siaran langsung pengamatan Gerhana Bulan Total.

Klik Link Live Streaming Gerhana Bulan Mutlak Super Blood Moon 26 Mei 2021:

YouTube LAPAN MENODAI

YouTube Balai LAPAN Tumbuh

YouTube LAPAN Kupang

YouTube SBPJP LAPAN

YouTube LAPAN Pasuruan

YouTube LAPAN Garut

YouTube LAPAN Sumedang

YouTube Pusat Sains Antariksa LAPAN

YouTube BPAA Pontianak

YouTube LAPAN Agam

Simak Video ” Gerhana Bulan Mutlak Terjadi Dalam 7 Fase
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)