Instagram-Facebook Dituding Hapus Konten Pukulan di Palestina

May 12, 2021 By Jeffrey Powell

Jakarta

Media baik (medsos) Facebook hingga Instagram dituding melakukan penyensoran konten serangan yang terjadi pada Palestina.

Serangan Israel ke kompleks Langgar Al Aqsa dan jalur Gaza terus terjadi di beberapa hari terakhir, tercatat penduduk Sheikh Jarrah dengan terancam diusir secara paksa dari rumahnya.

Warga Palestina yang merekam serangan tersebut, kemudian merekamnya dan mengunggah ke medsos. Namun konten itu ada yang disensor, dibatasi, atau diblokir.

“Perusahaan media sosial menutup suara Palestina saat itu berjuang untuk kelangsungan hidup mereka, ” ujar Marwa Fatafta, Anggota Kebijakan lantaran lembaga pemikir Al Shabaka dikutip dari Al Jazeera, Selasa (11/5/2021).

“Ini bukan insiden utama kali, ini adalah tambahan dari sensor sistematis & diskriminasi yang lebih luas yang menargetkan, terutama itu yang terpinggirkan dan tertindas, seringkali atas perintah rezim yang menindas, ” ungkap Fatafta.

Ia mendesak Facebook yang pula menaungi Instagram, menghentikan pemeriksaan yang dilakukannya terhadap konten serangan Israel dan membaca kepada publik mengapa menghapus konten tersebut.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Mohammed el-Kurd, seorang penulis dari Palestina dari Yerusalem, memposting video dan stories tentang kekerasan di Sheik Jarrah. Saat akan mengunggahnya, ia memperoleh peringatan bahwa kontennya berpotensi dihapus Instagram.

“Beberapa postingan Anda sebelumnya tidak mengikuti pedoman masyarakat kami. Jika Anda memposting sesuatu yang bertentangan dengan pedoman kami lagi, akun Anda dapat dihapus, termasuk postingan, arsip, pesan, & pengikut Anda, ” sebutan pesan diterima El-Kurd.

Tanda pagar pedengan tagar #SaveSheikhJarrah sampai #SavePalestine digaungkan para netizen pada Twitter.

Terkait persoalan tersebut, Instagram mencuit ada kesalahan teknis yang menyebabkan sebagian orang tak bisa memposting. Instagram permintaan ini dialami secara ijmal.

[Gambas:Twitter]

Simak Video ” Detik-detik Bentrokan Penjaga Israel-Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)