Mumtaz Rais Main HP di Pesawat Dinilai Bahayakan Keselamatan Penerbangan

Mumtaz Rais Main HP di Pesawat Dinilai Bahayakan Keselamatan Penerbangan

August 15, 2020 By Jeffrey Powell

Jakarta

Politikus PAN Mumtaz Rais terlibat insiden keributan dengan pimpinan KPK Nawawi Pomolango di dalam pesawat Garuda Indonesia karena telepon. Pemerhati penerbangan menilai perbuatan tersebut dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

“Saya merujuk pada Undang-Undang 1 tahun 2009 di mana Pasal 54 itu sudah cukup tegas dan jelas mengatur bahwa, setiap orang selama penerbangan dilarang melakukan tindakan-tindakan yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan. Juga dilarang melakukan tindakan-tindakan yang melanggar tata tertib penerbangan, dan juga menggunakan peralatan elektronik yang dapat mengganggu navigasi penerbangan,” ujar pemerhati penerbangan Alvin Lie saat dihubungi, Sabtu (15/8/2020).

Alvin yang juga komisioner Ombudsman RI mengatakan, Mumtaz Rais menggunakan teleponnya saat pesawat sedang melakukan pengisian bahan bakar. Menurutnya, saat-saat tersebut adalah waktu yang kritis dalam sebuah penerbangan.

“Nah dalam kasus Pak Mumtaz Rais, yang bersangkutan menggunakan handphone ketika pesawat tidak sedang terbang tetapi, sedang dilakukan pengisian bahan bakar. Proses pengisian bahan bakar, itu adalah suatu periode yang cukup kritis dalam penerbangan karena ada kemungkinan uap dari bahan bakar itu masuk ke kabin dan mudah terbakar,” tuturnya.

Dia menuturkan, telepon yang digunakan penumpang memancarkan gelombang elektromagnetik. Menurutnya, gelombang ini bisa memantik uap bahan bakar sehingga dapat terjadi kebakaran.

“Oleh karenanya, selama proses pengisian bahan bakar penumpang di dalam pesawat justru dilarang menggunakan sabuk pengaman. Sehingga bila terjadi kebakaran atau ledakan, evakuasinya bisa dilakukan dengan cepat,” kata Alvin.

“Penggunaan handphone terutama ketika sedang memancarkan sinyal, handphone tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik dan gelombang itu berpotensi memantik uap bahan bakar sehingga mudah terjadi kebakaran,” sambungnya.