Panja Cipta Kerja DPR: Tak Dihapus, Cuti Hamil-Haid Merujuk ke UNDANG-UNDANG 13/2003

Panja Cipta Kerja DPR: Tak Dihapus, Cuti Hamil-Haid Merujuk ke UNDANG-UNDANG 13/2003

October 7, 2020 By Jeffrey Powell

Jakarta

Panitia Kerja (Panja) RUU Cipta Kerja (Ciptaker) DPR menegaskan bahwa pasal yang mengatur cuti haid dan beranak tidak diatur dalam undang-undang (UU) yang sudah disahkan. Panja menetapkan aturan cuti itu merujuk pada UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Mengenai cuti hamil, cuti haid, tersebut normanya tidak ada dimasukkan dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Sehingga ketika bicara soal cuti haid serta cuti hamil, maka rujukan kita adalah Undang-Undang Nomor 13 Tarikh 2003, bukan UU Cipta Kegiatan, ” kata anggota Panja Lamhot Sinaga dalam acara d’Rooftalk: ‘Omnibus Law Cipta Kerja, Kerja, Kerja’ yang tayang di detikcom , Rabu (7/10/2020).

“Oleh karena itu, data yang beredar cuti haid serta cuti hamil nggak benar, salah, salah total itu. Nggak tersedia di dalam UU Cipta Kerja dimasukkan norma tentang cuti bocor cuti hamil, ” sambungnya.

Lamhot juga menjelaskan aturan Konvensi Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Dia menyebut aturan perjanjian kerja disesuaikan dengan segmentasi industri.

“Kalau soal PKWT kita membangun mengkombinasikan era industrialisasi 4. 0, jadi kita tidak bicara secara segmentasi industri pada saat tersebut. Jadi kita membicarakan UU Menjadikan Kerja adalah adaptif terhadap industrialisasi ke depan. Sehingga semua itu harus kita akomodir oleh berbagai pihak, ” jelas dia.

Politikus Partai Golkar tersebut mengatakan ada di antara karyawan yang tidak ingin dijadikan karyawan tetap. Jadi masukan itu diakomodasi dalam UU.

“Ada orang yang tidak mau juga diangkat karyawan tetap, ada yang seperti itu dengan era digital saat ini. Nah hal kaya ini yang kita perdebatkan dalam Panja. Kita sepakat bahwa situasi yang merugikan, sangat kita pelihara betul. Saya ingin katakan UU omnibus law ini tidak tersedia yang menyangkut, menyinggung masalah hak-hak dasar dari pada buruh berlaku, saya bisa katakan begitu, ” katanya.