Petugas Tangkap Satu Kawanan Pemalsu Kekayaan dan Penipuan di Makassar

Petugas Tangkap Satu Kawanan Pemalsu Kekayaan dan Penipuan di Makassar

October 4, 2020 By Jeffrey Powell

Makassar

Resmob Polsek Rappocini menangkap satu orang dari kawanan pelaku pemalsuan uang rupiah di kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Ahmad (24). Pelaku juga diketahui mengabulkan penipuan dengan modus membelanjakan kekayaan palsu yang dicetaknya untuk membeli HP.

“Modusnya mereka bertransaksi melalui COD dan memesan barang handphone, setelah itu handphone itu diberi dengan uang buatan, ” kata Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Nurtjayana, pada Minggu (4/10/2020).

Pelaku dibekuk polisi di kawasan Jalan Sultan Alauddin, Makassar. Sedangkan satu karakter rekan pelaku, diketahui telah samar-samar sebelum kedatangan polisi dan kini masih dalam perburuan anggota.

Selain menangkap pelaku, polisi selalu turut menyita sejumlah barang petunjuk berupa printer cetak uang, kertas HVS, dan jutaan rupiah uang palsu siap edar.

“Menurut pengakuan tersangka uang tiruan itu mereka buat sendiri dengan menggunakan printer kemudian dari buatan penggeledahan yang dilakukan Resmob Polsek Rappocini barang bukti yang awak temukan ada Rp. 7, 5 juta uang pecahan lima puluh ribu dan seratus dari karakter, ” kata Nurtjayana.

Sedangkan berdasarkan laporan aduan kelompok yang ditangani Polsek Rappocini, pelaku bersama rekannya telah dua kali melakukan aksi penipuan dengan membelanjakan uang palsu yang dicetaknya.

“Untuk di kami aksi ini sejak dilapor sejak bulan sembilan untuk di Polsek Rappocini ada dua laporan aduan yang kami tindak lanjuti, ” tutur Nurtjayana.

Lanjut Nurtjayana, akibat perbuatannya pelaku akan dijerat pasal berlapis terkait pemalsuan kekayaan dan penipuan. “Untuk proses lebih lanjut kami kenakan pasal 244 dan 378, ” tuturnya.

(eva/eva)