Proses Dimulai Besok, Begini Cara Petugas Tilang Pelanggar Lalin

Proses Dimulai Besok, Begini Cara Petugas Tilang Pelanggar Lalin

July 22, 2020 By Jeffrey Powell

Jakarta

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Taat Jaya 2020 pada Kamis (23/7) besok. Pada operasi kali tersebut, polisi punya cara berbeda di melakukan penindakan mengingat situasi saat ini masih diselimuti wabah Corona (COVID-19).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, pada operasi tahun ini petugas akan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain dalam melakukan penindakan pengingkaran lalu lintas.

“Untuk petugas sendiri dalam mematuhi aturan kesehatan dengan cara mereka tak melakukan penindakan dengan cara razia stasioner, tetapi dengan cara mobile atau hunting system ya. Misalnya lantaran Jalan Hasyim Anshari pindah ke Daan Mogot. Jadi ada perpindahan secara mobile , ” kata Fahri ketika dihubungi, Rabu (22/7/2020).

Fahri mengutarakan, petugas akan berpindah lokasi operasi jika di tempat tersebut dinilai pelanggaran sudah berkurang.

“Itu tidak bisa dihitung berapa lamanya ya kan itu mobile . Kalau sudah dirasa berkurang pelanggarannya akan alih lagi. Jadi akan mencari wadah yang sekiranya akan banyak pengingkaran, ” jelas Fahri.

Dia menjelaskan guna menghindari akumulasi pada saat melakukan penindakan, pihaknya selalu membatasi petugas yang hanya akan berjaga maksimal 15 orang di satu tempat. Dia juga memasukkan alat pelindung diri semisal masker dan sarung tangan juga hendak diwajibkan bagi petugas.

“Tidak lebih dari 15 petugas ya. Karena 15 (petugas) tersebut kan juga bakal tetap celik jarak ya. Misalnya di perempatan satu di ujung, satu sedang di ujung gitu. Kelengkapan anggota mulai dari sarung tangan & masker juga dipakai, ” cakap Fahri.

Total ada 1. 807 personel gabungan berangkat dari polisi, TNI, Dishub DKI, hingga Satpol PP akan melangsungkan penjagaan di operasi patuh jaya tahun ini. Fahri pun membawa masyarakat untuk tetap mengikuti aturan lalu lintas menjaga keselamatan diri.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tertib awut-awutan lintas. Karena dengan melakukan sopan lalu lintas akan menghindari kita dari kecelakaan lalu lintas, ” pungkas Fahri.

(mea/mea)