Sedia Dapat Set Top Box TV Digital Kominfo Percuma? Ini Syaratnya

September 29, 2021 By Jeffrey Powell

Jakarta berantakan

Bagi rumpun miskin, Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) akan menyalurkan bantuan Set Top Box (STB) agar bisa menikmati siaran TV digital. Ini cara mendapatkan set sempurna box TV digital Kominfo.

Kominfo menuturkan ada 6, 7 juta STB untuk keluarga bangsat yang terdampak penghentian TV digital ini. STB tersebut dibagikan bagi penerima manfaat yang sudah memiliki unit televisi, namun basu berupa TV analog.

Set Top Box ialah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dengan diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke di dalam format analog agar mampu ditampilkan ke TV serupa. STB juga sering disebut dekoder atau receiver.

“Pemerintah dan preman, terutama pemenang Mux, memiliki komitmen untuk subsidi STB kepada keluarga miskin. Ada sekitar 6, 7 tanggungan miskin, kita asumsikan ada tujuh keluarga miskin pada Indonesia, ” ujar Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia.

Gery membaca apabila penyaluran bantuan tata top box gratis lantaran pemerintah akan disalurkan di Januari 2022, sedangkan lantaran penyelenggara mux secara bertahap.

“Pembagian STB sebelum tahapan ASO. Kata sepakat dengan teman-teman swasta, STB sudah diberikan satu bulan sebelumnya. Misalnya, ASO tahap pertama pada 30 April 2022, maka 30 Maret 2022 sudah diberikan kepada penerima manfaat, ” kata Gery.

Kominfo akan menghentikan siaran TV analog mulai tahun aliran yang dibagi ke dalam tiga tahap, dimulai 30 April 2022. Target pancaran TV digital mengudara seluruh wilayah Indonesia pada 2 November 2022.

Syarat untuk mendapat set top box percuma TV digital sebagai beserta:

  1. WNI dengan KTP Elektronik
  2. Rumah tangga miskin yang memiliki televisi, terdaftar di Data Harmonis Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data perangkat daerah bagian sosial
  3. Letak rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO

Data keluarga miskin tersebut Kominfo peroleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Baik (DTKS) dari Kementerian Baik. Setelah data penerima sandaran tersebut sudah valid, negeri akan mendistribusikan set top box dari penyelenggara mux atau pemerintah.

Cara mendapatkan putaran top box TV digital gratis:

  1. Disalurkan lewat PT Pos
    “Posisi saat ini, sedang dalam periode validasi. Nanti kolaborasi dengan swasta, masyarakat tidak perlu mengantre karena sudah ada data base. Nanti persekutuan dengan PT Pos (STB) dibagikan seperti bansos, ” ungkap Gery.
  2. Ada undangan untuk menerima STB
    “Masyarakat miskin nanti diberikan undangan menerima STB ini, bisa sifatnya door to door ataupun ditempatkan kelurahan, RW, maupun RT sekaligus nanti kita demo untuk pemasangan STB, ” sambungnya.

Semula rencana migrasi TV analog ke digital akan dilakukan pada 17 Agustus kemarin. Hanya selalu, pandemi COVID-19 yang sedang terjadi dan masukan lantaran publik, penghentian TV analog diundur jadi tahun aliran.

Tahap 1 suntik mati TV analog dimulai 30 April 2022. Kemudian dilanjutkan Tahap 2 pada 31 Agustus 2022, dan terakhir Tahap 3 dilakukan pada 2 November 2022.

Simak Video ” Migrasi RI ke TV Digital Ditunda!
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)