Seharian Terjebak Banjir di Perkebunan Sawit, 7 Warga Aceh Dievakuasi

Seharian Terjebak Banjir di Perkebunan Sawit, 7 Warga Aceh Dievakuasi

July 29, 2020 By Jeffrey Powell

Aceh Jaya semrawut

Tujuh warga Aceh Jaya, Aceh diselamatkan petugas ikatan setelah sehari terjebak banjir dalam perkebunan sawit. Tim penyelamat menempuh perjalanan sejauh 12 kilometer beserta melewati sungai yang tengah meluap.

Proses evakuasi ketujuh warga tersebut dilakukan personel Kodim 06/Teunom bersama BPBD Aceh Hebat, Tagana dan Basarnas Meulaboh pada Rabu (29/7/2020) sore. Tim ikatan berjalan kaki ke lokasi dan melewati air setinggi dada.

“Ketujuh warga ini terperangkap di kebun sawit di Desa Seumira Kecamatan Teunom sejak Selasa kemarin. Tadi sore sudah mampu kita evakuasi, ” kata Danramil 06/Teunom Kapten Inf Mulyadi usai proses evakuasi.

Selama terjebak banjir, ketujuh warga tersebut bertahan di atas sebuah gubuk. Tim gabungan lalu menuntun mereka buat pulang ke desa.

Menurut Mulyadi, proses evakuasi benar menantang karena lokasinya cukup jauh. Tim juga harus menerobos banjir serta melewati aliran sungai yang deras.

“Kita harus berjalan sejauh sekitar 12 kilometer menuju lokasi perkebunan dan menyeberangi sungai yang sedang meluap, apalagi di kebun sawit tersebut air masih tinggi, ” jelas Mulyadi.

Sebelumnya, banjir di Aceh Jaya terjadi setelah wilayah diguyur hujan deras selama beberapa hari. Akibatnya, ribuan rumah terendam dan 1. 514 warga lantaran sejumlah desa mengungsi.

(agse/maa)