Tracing Klaster Bank BUMN, Swab Massal Digelar di Pasar Sukaramai Pekanbaru

Tracing Klaster Bank BUMN, Swab Massal Digelar di Pasar Sukaramai Pekanbaru

June 26, 2020 By Jeffrey Powell

Pekanbaru berantakan

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pekanbaru melaksanakan tes swab massal di Pasar Sukaramai. Tes digelar karena semakin banyak jumlah pasien positif Corona sejak klaster bank BUMN.

“Kita tadi lakukan swab ke Pasar Sukaramai di kawasan sentral kota. Ini sebagai bentuk antisipasi dari klaster bank BUMN yang ada di sekitar kawasan rekan tersebut, ” kata Kabag Humas Pemkot Pekanbaru, Irba Sulaiman, pada detikcom , Jumat (26/6/2020).

Irba membaca, pelaksanaan swab massal ini dihadiri Wali Kota Pekanbaru, Firdaus; Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Wijaya; serta Komandan Kodim Pekanbaru, Kolonel Inf Edi Budiman. Pihak Gugus Perintah menyediakan 300 alat swab.

“Yang dilakukan swab para pedagang, pengujung pasar, dan warga dalam sekitar kawasan pasar. Ada 260 orang yang dilakukan swab, ” kata Irba.

Patuh Irba, klaster bank BUMN saat ini menular ke pihak keluarganya. Sebab itu sebagai bentuk antisipasi penularan ke nasabahnya, maka dilakukan swab di kawasan pasar terbesar di Pekanbaru itu.

“Bank tersebut kan nasabahnya banyak lantaran pedagang pasar, makanya kita seleksi tempat itu dilakukan swab, ” kata Irba.

Tes swab digelar setelah ada imbauan agar nasabah yang pernah ke bank tersebut untuk melakukan cek kesehatan ke puskemas dan vila sakit (RS) terdekat. Namun daripada pengecekan pihak Pemkot Pekanbaru, tidak ada data adanya warga menyelenggarakan cek kesehatan pasca merebaknya klaster bank plat merah itu.

“Kita lakukan cek ke puskesmas dan rumah sakit ijmal terkait hal itu, tapi tidak ada. Makanya kita lakukan swab di kawasan pasar tersebut, ” kata Irba.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang mengatakan, pada persiapan menuju tatanan kehidupan hangat (new normal) diharapkan masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan guna mengantisipasi merebaknya virus COVID-19.

“Masyarakat kita harapkan untuk langgeng menjalankan protokol dalam beraktivitas di luar rumah. Ini semua untuk mencegah merebaknya COVID-19, ” sirih Nandang.

(cha/jbr)